Puyol dan Xabi Hernandez memegang piala dunia dan bendera dari Catalunya

Sekarang, paling kuran kira-kira satu minggu, di Spanyol, sudah tidak ada masalah apapun. Yang musti bayar kredit dari bank......tidak apa-apa deh, minggu depan saja. Perusahan yang saya kerja sampai sekarang sudah tutup.......tidak apa-apa deh, minggu depan saya cari kerja baru. Yang tidak ada makanan untuk makan karena sudah lama tidak ada kerja, tidak apa-apa.......minggu depan saya cari makanan. Hehehehehe, begitu orang spanyol punya pikiran sekarang. Orang spanyol, masih hidup dalam mempi.......sampai minggu depan.Koran, radio, TV, cuma bicara dari pertandingan piara dunia sepak bola, terusssss.......sampai tua. Saya sudah mulai bosannnnnn. SEMUA INI KARENA SPANYOL JUARA DUNIA SEPAK BOLA.
Sebenarnya, saya senang juga. Padahal saya orang Basque, asal dari Euskal Herria, utara spanyol, yang minta merdeka dari negri ini, seperti orang catalan dari Catalunya.

Kebanyakan pemain yang main di tim spanyol, datang dari tim Barcelona (Barça), 7 pemain. Yang main final dan menang, Iniesta, Puyol, Piqué, Xabi Hernandez , Pedro, Busquets dan yang baru, Villa.
Pemain asal dari daerah provinsi Catalunya, 4 pemain, Puyol, Piqué, Xabi Hernandez dan Busquets.
Ada juga satu pemain Basque, asal dari Heuskal Herria, sama seperti saya, namanya Xabi Alonso.

Barcelona, termasuk di provinsi Catalunya (Comunidad de Catalunya), dari daerah spanyol, yang sudah lama minta merdeka dari negri ini.
Kemaren, wartawan dari BBC ingris, tanya sama saya, melalui telepon, tentang ada orang Catalunya yang tidak senang kalau tim spanyol menang. Saya jawab betul, memang ada di provinsi Catalunya (sama di provinsi Basque, Heuskal Herria) cukup banyak orang yang tidak senang, bukan karena tidak suka sepak bola, atau tidak suka itu pemain-pemain, tidak senang, karena itu tim , mewakili bangsa spanyol, yang mereka tidak mau ikut.

 Pokonya, ini masalah dari provinsi Catalunya dan Euskal Herria, ada juga di Indonesia. Tanya saja sama orang Aceh.
Sebetulnya, dan untuk selasai, saya lebih senang, kalau Barcelona (Barça) menang piala Eropa, atau seperti sekarang, tim dari daerah Basque (Euskal Herria), daerah yang saya lahir, namanya Real Sociedad dari kota San Sebastian, baru naik ke liga pertama.

Aku tidak tahu, apakah orang indonesia, mengerti atau tidak apa maksud saya.






Ini  gambar tim sepak bola Real Sociedad dari kota San Sebastian.


Kalau mau dengar wawancara sama wartawan dari BBC tentang kejuaraan sepak bola, ini linknya:
http://www.bbc.co.uk/indonesia/olahraga/2010/07/100712_pestaspanyol.shtml

1 comentarios :

yenni 'yendoel' dijo... 16 de julio de 2010, 2:58

mengerti pak..hehhe.. seperti di indo kasus timtim juga. bagian kecil yg ingin memerdekakan diri dari negara induk. saya baru tau di spanyol juga ada. (*ketinggalan berita*)

 
Indonesia o así © 2008. Todos los derechos reservados. Powered by Blogger
Top